OPINI WTP laporan Keuangan 2019

Pemerintah Kabupaten Kotabaru kembali dinyatakan dengan penilaian WTP ( Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi Kalimantan Selatan.

Penyerahan laporan WTP tersebut dilaksanakan di gedung Oproom Pemkab Kotabaru pada tanggal 16 Juni 2020, yang diterima langsung secara bersama-sama oleh Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar dan Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.

Opini Wajar tanpa pengecualian (biasa disingkat WTP) adalah opini audit yang akan diterbitkan  oleh Badan Pemeriksa Keuangan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian diberikan oleh auditor jika auditor tidak menemukan kesalahan yang material secara keseluruhan dari laporan keuangan dan laporan keuangan dibuat sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku (SAK). Dengan kata lain, laporan keuangan akan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian jika memenuhi kondisi seperti berikut:

  1. Laporan keuangan lengkap
  2. Bukti audit yang dibutuhkan lengkap
  3. Standar umum telah diikuti sepenuhnya dalam perikatan kerja
  4. Laporan keuangan disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku dan konsisten
  5. Tidak terdapat ketidakpastian yang cukup berarti mengenai perkembangan di masa depan.

Sehubungan dengan opini WTP ini, ketua DPRD Syairi Mukhlis menyampaikan apresiasi dan bangga atas capaian WTP yang disematkan ke Kotabaru, “ tapi kita jangan terlena, tetap kita jadikan pemicu semangat kedepan harus  menjadi lebih baik lagi. Prestasi WTP harus dibarengi dengan out put dari penyelenggaraan APBD itu, terutama terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat karena inilah yang akan menjadi nilai berharga apabila kehidupan masyarakat kita bisa menikmati hasil dari kerja pemerintah daerah dan nampak peningkatan dibidang ekonomi, jumlah pengangguran yg berkurang, IPM meningkat, pelayanan publik yg mudah dan cepat”.

Sementara Wakil Ketua DPRD Muhammad Arif, juga menyampaikan  ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Kotabaru ( baik di eksekutif maupun dilegeslatif) atas kerja kerasnya sehingga dapat  meraih  opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan Negara Republik Indonesia pada tanggal 16 Juni 2020  yg ke 5 secara berturut turut, “ semoga hal ini kedepan dapat dipertahankan dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah yg baik, efektif, transparan dan akuntabel”

Wakil Ketua DPRD H.Mukhni juga mengucapkan “Terima kasih atas upaya pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah sehingga untuk yang ke lima kalinya kita mendapatkan WTP. Harapan saya bahwa ke depan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan lebih dikedepankan dan beberapa catatan di tahun 2019 dari DPRD kab kotabaru kiranya mendapat perhatian khusus”.

Denny Hendro Kurnianto anggota dari fraksi PPP memberikan tanggapan bahwa “bukan tanpa dasar predikat OPINI WTP yang di raih Pemerintah kab.kotabaru untuk kesekian kalinya.tentu dengan segala daya upaya dan komitmen bersama dalam penyelenggaraan dan tata kelola keuangan yang baik. Kami sebagai masyarakat kab kotabaru sekaligus bagian dari pemerintahan tentu ikut bangga., namun di sisi lain berharap penyelenggaraan yang sdh baik ini penting kiranya terus di tingkatkan untuk lebih baik lagi”

Dari anggota lainnya juga menyampaikan pandangannya, Hamka Mamang anggota Fraksi PDIP menyayangkan “masih adanya masalah administrasi dan lemahnya pengelolaan keuangan daerah, serta realisasi anggaran yang tidak maksimal”.

Dan Ruspiandi, anggota dari fraksi partai Golongan Karya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Kotabaru atas keberhasikan memperoleh WTP yg ke 5. “Hal memberikan contoh dan gambaran bahwa pembangunan dalam segala hal  telah terbukti sehingga mendapatkan penilaian dan kita juga sebagai mitra penyelenggara pemerintah sudah terlibat didalamnya dalam bentuk pengawasan. Sehingga prestasi yang didapat  perlu ditingkatkan, namun yg lebih berat adalah bagaimana mempertahankanya. Sekali lagi kami sebagai mitra pemerintah mengucapkan selamat atas penghargaan yang diperoleh. Sukses dan Lanjutkan”.

Pastilah disetiap opini yang diberikan BPK termasuk opini WTP untuk Kotabaru pada tahun 2019 dalam LHP-nya memberikan beberapa catatan dan rekomendasi dalam rangka peningkatan lebih baik dalam pengelolaan keuangan daerah, mengutip ungkapan ketua DPRD Syairi Mukhlis “kita jadikan pemicu semangat kedepan harus  menjadi lebih baik lagi. ( admin )

Survey Kepuasan